NAMA : RIA AGEM SAFITRI
NIM : 21/473615/SV/18839
KELAS : PEK 51
HASIL TEST MBTI : ESFJ-T

TUGAS 1 SISTEM INFORMASI PEMBANGUNAN

Mengapa pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan? Anda bisa menjelaskan dengan memberikan ilustrasi satu contoh sistem informasi nyata yang digunakan oleh suatu institusi.

Jawab

Sistem informasi dibutuhkan dalam pemerintahan untuk meningkatkan efisiensi kerja, pada lingkup pemerintahan biasanya digunakan untuk memasukkan data-data perencanaan dan membuat rekapitulasi data yang hasilnya diyakini lebih cepat dan akurat. Dalam penerapannya salah satu contoh sistem informasi yang diterapkan di pemerintahan ialah SIMDA (Sistem Informasi Manajemen Daerah). SIMDA keuangan sendiri merupakan aplikasi yang digunakan dalam pengelolaan keuangan daerah agar lebih terintegrasi yang meliputi penganggaran, penatausahaan, akuntansi dan pelaporannya.

Dalam pelaksanaanya di lingkungan pemerintahan, terdapat SIMDA keuangan berupa web bpkp.go.id yang mana di dalam nya kita dapat mengakses terkait laporan keuangan daerah yang telah diaudit sehingga keuangan di suatu daerah menjadi lebih transparan karena dapat diakses secara umum. Dalam keterkaitannya dengan proses pembangunan, web ini memuat informasi yang nantinya membantu dalam pengawasan terhadap perencanaan dan pertanggungjawaban terhadap akuntabilitas penerimaan negara/daerah serta pembangunan nasional yang mana dalam kegiatannya dibiayai oleh anggaran negara/daerah/ atau subsidi termasuk badan yang terlibat kepentingan keuangan di dalamnya.